KAJIAN RAMADHAN (12) : ALQURAN KALAM ILAHI


Oleh : Ustadz M. Iqbal Al-Fadani

IMG_20180220_085533

Kita sering mengatakan dan mendengar bahwa kitab suci Alquran adalah kalam ilahi. Tapi jarang sekali kita bertanya apa maksud dari kita mengatakan Alquran adalah Kalam ilahi. Apakah maksud dari Kalam ilahi adalah sejenis kata-kata? Layaknya perkataan atau ucapan yang terdiri dari huruf, suara dan kalimat? Atau maksud dari kalam ilahi justru bukan seperti itu? Lantas apa makna kalam ilahi bagi Alquran?

Untuk menjawab pertanyaan ini, pada tulisan singkat kali ini kami akan mengutip tulisan Ayatullah Jawadi Amuli yang mengatakan :

Perkataan dan kalam ilahi baik di dunia maupun di akhirat bukanlah berbentuk suara, lafaz dan kesepakatan… Perkataan ilahi adalah perbuatan-Nya yang bukan berupa suara yang dipantulkan maupun panggilan yang dapat didengar. Kalam ilahi adalah memberikan keberadaan, akan tetapi pada tingkatan terendahnya menjelma dalam bentuk Taurat yang dilafalkan atau Alquran yang fasih dalam bahasa Arab. Pada tingkatannya yang paling rendah ini kelazimannya adalah lafaz, berbentuk bahasa Arab, Ibrani dan lain-lain.

“Alquran yang berbahasa Arab merupakan turunan dari Kalam ilahi. Sedangkan sumber serta aslinya yang berada pada “maqam laduni” (di sisi Allah SWT) yang turun kepada Rasulullah Saw dan diterima oleh beliau, tidaklah berbentuk suara, lafaz dan kesepakatan. Dia merupakan satu hakikat yang tinggi dan bijaksana dimana hanya dengan Syuhud dapat dicapai.”

“Maksudnya, hakikat Alquran di semua tingkatannya merupakan kalam ilahi. Dan perkataan ini yang merupakan makhluk ilahi di dalam setiap tingkatannya adalah perbuatan khusus Allah SWT dimana Allah SWT yang menciptakannya. Dan khusus tingkatan terendahnya sebagaimana tingkatan lainnya merupakan kalam serta makhluk ilahi yang berbentuk lafaz dan kata-kata khusus.” (Syaikh Jawadi Amuli, Tafsir Maudu’i e Quran e Karim (Quran dar Quran), Markaz e Nashr e Israk, Qom, 1378 HQ, hal. 60-61).

Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas dapat kita simpulkan bahwa kalam ilahi merupakan perbuatan dan makhluk Allah SWT. Dan maksud dari Alquran adalah kalam ilahi ialah bahwa Alquran merupakan salah satu hasil ciptaan Allah SWT yang berbentuk lafaz, kata-kata dan kalimat, bukan Allah SWT berkata-kata dengan menggunakan huruf, kata dan kalimat. Wallahu a’lam. (CR14)

%d blogger menyukai ini: