Tadarus Ramadhan (15) : TUHAN BERSAMA KITA


Oleh : Ust. M. Iqbal Al-Fadani

Kita mungkin sering mengatakan bahwa Allah bersama kita dimana saja kita berada. Kita tidak bisa bersembunyi dari Allah SWT. Tapi kita harus sadari bahwa Allah adalah wujud nonmateri dan gaib mutlak, maka kebersamaan Allah dengan makhluk-Nya bukanlah bermakna bersama-sama menempati ruang tertentu, tetapi bermakna pengawasan, pengetahuan, pertolongan, dan sebagainya. Lantas apa saja bentuk kebersamaan Allah dengan kita?

Dalam Alquran, setidaknya terdapat tiga bentuk kebersamaan Allah dengan manusia, yaitu :

1). Kebersamaan yang bersifat umum. Allah SWT adalah wujud yang tidak terikat oleh waktu dan tempat oleh karena itu Dia senantiasa bersama makhluk-Nya di manapun mereka berada. Dalam hal ini Allah SWT berfirman: “Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”(Al-Hadid: 5). Kebersamaan yang disebutkan dalam ayat ini sifatnya umum sehingga mencakup orang mukmin dan kafir.

2). Kebersamaan yang bermakna rahmat dan pertolongan. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.”(Al-Nahl: 128). Kebersamaan dalam ayat ini bermakna rahmat ataupun pertolongan. Maksudnya Allah SWT senantiasa menolong orang-orang yang baik dan bertakwa dan rahmat-Nya selalu bersama mereka.

3). Kebersamaan bermakna kemarahan. Kebersamaan ini dengan pengertian bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi segala bentuk tindak tanduk orang-orang kafir dan musuh-musuh agama Allah. Kebersamaan dengan pengertian bahwa Allah SWT selalu menguasai mereka, memahami segala strategi mereka dan menghalangi Meraka untuk sampai kepada tujuan yang telah ditargetkan. Allah SWT berfirman: “Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridha. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Al-Nisa:108).

Demikianlah tiga bentuk kebersamaan Allah dengan manusia. Nilailah diri masing-masing kita, Tuhan bersama diri kita dalam bentuk yang mana)? (CR14)

%d blogger menyukai ini: