Tadarus Ramadhan (14) : TERJAGANYA WAHYU DALAM INGATAN NABI


Oleh : Ust. M. Iqbal al-Fafani

Sudah menjadi hal yang pasti di dalam akidah Syiah bahwa nabi Muhammad Saww tidak pernah melupakan Wahyu yang diturunkan kepadanya. Sebab keotentikan Wahyu hanya akan tetap terjaga ketika ada jaminan bahwa nabi tidak pernah lupa apa yang disampaikan kepadanya.

Pun begitu dalam Al-Quran ditemukan bahwa ketidak lupakan nabi tersebut mendapat pengecualian keinginan Allah SWT: Kami akan membacakan (Al Quran) kepadamu (Muhammad) maka kamu tidak akan lupa, kecuali kalau Allah menghendaki.(Al-A’la:6-7)

bagai manakah penafsiran ayat ini sehingga tidak bertentangan dengan akidah yang diyakini oleh Mazhab imamiah?

Ayat diatas tidak sedang menjelaskan adanya kemungkinan terjadinya lupa dari nabi Muhammad Saww, tapi ayat ini justru ingin menyatakan bahwa tidak lupanya nabi Muhammad Saw tidak terlepas dari kehendak dan keinginan Allah SWT. Jadi tidak lupanya nabi Muhammad Saww bukan hal yang mandiri (tidak bergantung pada iradah Allah SWT).

Keberadaan ayat yang mengatakan ” kecuali kalau Allah menghendaki”, tidak sedang mengindikasikan adanya kemungkinan terjadinya lupa dari nabi Muhammad Saw. Hal ini dapat dijelaskan dengan ayat lainnya yang konteksnya sama persis dengan apa yang ada di dalam surah Al-A’la ini. Allah SWT berfirman: Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.”( Hud: 108)

Di dalam ayat ini, sekalipun kekekalan orang-orang yang berbahagia di dalam surga mendapat pengecualian dengan kehendak Allah SWT, namun tidak berarti bahwa bisa saja orang yang berbahagia dengan masuk surga suatu saat dengan kehendak Allah SWT akan keluar darinya, sebab kekekalan surga merupakan hal yang sudah pasti dan lazim dalam ajaran Islam. Jadi sekali lagi, yang ingin disampaikan melalui pengecualian ini adalah, ketidak mandirian kekekalan surga, bukan kemungkinan tidak kekalnya surga. (CR14)

%d blogger menyukai ini: